Home » , » Ciri-ciri Darah Haidh

Ciri-ciri Darah Haidh

Bismillah.
Berikut ini adalah pembicaraan yang lebih spesifik yang terkait dengan darah kaum Hawa. Dalam pembicaraan kita kali ini akan kami sampaikan seringkas dan seringan mungkin tentang ciri-ciri dari darah haidh ini.

Darah haidh memiliki beberapa ciri yang khas yang dapat dijadikan sebagai pertanda untuk membedakannya dengan jenis darah lain. Dan darah haidh memiliki 4 ciri khusus:
1. Warna.
2. Sifat.
3. Aroma.
4. Perubahan.

Sahabat Muslimah yang baik hati, darah haidh memiliki beberapa ciri khas yang berbeda dengan darah jenis lainnya. Darah ini dapat kita kenali dengan ciri-cirinya yang khusus tersebut, dan kita wajib mengetahui dan mengenalinya dengan baik agar kita tidak kebingungan ketika menghadapinya.

  • Tanda pertama yang disebutkan di atas adalah warna. Maka dengan warna darah kita dapat kenali perbedaan darah haidh dengan darah lainnya. Sehingga darah yang berwarna merah bukanlah darah haidh, kecuali jika ditemukan adanya tanda-tanda lain yang menguatkan bahwa darah tersebut adalah darah haidh, akan tetapi yang benar bahwa darah haidh adalah berwarna hitam; hal ini berdasarkan sabda nabi shollallohu 'alaihi wa sallam yang dhoif dari haditsnya ummul mu'minin 'Aisyah rodhiallohu 'anha :


عَن عَائِشَة «(أَن) فَاطِمَة بنت أبي حُبَيْش كَانَت تستحاض ، فَقَالَ رَسُول الله صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم َ : إِن دم الْحيض أسود يعرف ، فَإِذا كَانَ ذَلِك فأمسكي عَن الصَّلَاة ، فَإِذا كَانَ الآخر فتوضئي وَصلي» . رَوَاهُ أَبُو حَاتِم بن حبَان وَضعف أَبُو دَاوُد هَذَا الحَدِيث
Dari 'Aisyah bahwa Fathimah bintu Abi Hubaisy pernah mengalami istihadhoh, maka rosul shollallohu 'alaihi wa sallam bersabda: "Sesungguhnya darah haidh itu hitam dapat dikenali, dan apabila darahnya seperti itu maka tahanlah kamu dari sholat, namun jika darah tersebut tidak demikian maka berwudhulah dan sholatlah." [HR. Abu Hatim bin Hibban dan imam Abu Daud mendho'ifkan hadits ini]

Jadi, berdasarkan keterangan di atas bahwa darah haidh mudah dikenali oleh kita sahabat Muslim. Namun mungkin bagi kaum Hawa yang baru pertama kali mengalami menstruasi (haidh) tidak mudah untuk mengenalinya, sehingga yang terbaik untuknya ialah hendaknya dia menghadap ke bunda dan tunjukkan darahnya, apakah darah tersebut adalah darah haidh atau bukan?

Dan bagi bunda sahabat Muslimah, jangan sungkan-sungkan untuk berbagi dengan putrinya, kenalkan "darah privasi"nya agar ananda bisa mengerti dan mengenal dengan baik darah haidhnya. Dan jangan lupa untuk menenangkan hati ananda yah...agar jangan risau dan gelisah menghadapi hari-hari menstruasinya.

  • Tanda kedua: Sifat. Darah haidh memiliki sifat yang khas yang berbeda dengan variannya. Darah haidh lebih bersifat kental, sedangkan darah istihadhoh memiliki sifat yang lembut dan berkilau, dan inilah yang membedakan antara darah haidh dengan darah istihadhoh.


  • Tanda ketiga: Aroma. Sahabat Muslimah, darah haidh memiliki aroma yang tak sedap dan busuk, sedangkan darah istihadhoh tidak demikian keadaannya; karena darah istihadhoh berasal dari urat yang mengalirkan darah, sedangkan darah haidh berasal dari bagian atas rahim, sehingga darah haidh lebih berkemungkinan untuk menimbulkan aroma busuk.


  • Tanda keempat: Bahwa darah haidh setelah ia keluar dari mulut rahim maka dia tidak akan membeku, berbeda dengan darah lainnya dimana darah selain darah haidh akan mengalami pembekuan.


Demikian empat tanda yang dapat kita kenali sebagai tanda dari darah haidh. Semoga sahabat Muslimah bisa mengambil manfaatnya.

Written by : Muslimah - Berilmu, beramal dan berakhlak karimah

Kami memberikan ijin sepenuhnya kepada Anda yang berminat untuk mengutip sebagian atau keseluruhan dari kontents blog ini dengan tanpa mengurangi, menambahkan atau merubahnya dan dengan tetap memberikan sumber penukilannya. Keluhan bisa Anda alamatkan kepada Kami di: ummu_abduh@yahoo.com

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

0 komentar:

Posting Komentar